Balik Rantau Balik Ngatur Keuangan Mandiri

Akhirnya setelah hampir enam bulan di rumah saja, petengahan juli ini daku balik lagi diperantauan (hahaha). Meskipun khawatir karena harus bertemu banyak orang yang kadang mereka ga sadar buat jaga jarak juga menjaga keselamatan orang lain.

Karena udah balik keperantuan artinya harus  mandiri, nah kan masanya beda sama yang sebelumnya sekarang jadi makin berat dan harus pinter-pinter banget mengolah keuangan supaya aman dan nyaman meski dimasa pandemi dan diperantuan tanpa keluarga. salah satu tips penghematan aku selama dirantau yaitu:

yang pertama dengan selalu masak sendiri. kebetulan juga teman kantor ada yang sekosan jadi kita bisa patungan masak.

yang kedua mengurangi jajan diluar, bisanya saya tetep self love sih di hari minggu sekedar beli jajanan yang udah diatur ketat psatinya, selebihnya kita bikin cemilan sendiri "ini jauh lebih hemat dan sehat".

yang ketiga setelah gajian langsung pisahin uang yang dipake buat bayar kosan, buat makan dan kebetuhan sehari-hari. uang lebihnya disimpen ditabungan. yang ini sih aku adaptasi dari beberapa tips kekuangan yang aku pelajari lewat youtube, kebetulan aku ikutin tuh beberapa channel youtube yang bahas keuangan jadi temen-temen bisa juga ikutin dan tonton.


sebenernya aku malu sih karena di umur segini baru belajar menata keuangan yang baik, ga tau kemarin kemana aja. tetep sih punya tabungan tapi kalau aku ngerti cara nanbung yang benar pasti hasilnya jauh lebih baik. tapi ga perlu disesali sih karena masih ada umur juga dan selama kita masih mau belajar semoga aku bisa tetep konsisiten.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Episode Gunung Gede

Lewat Diam

Untuk Kamu